Monday 3 June 2013

Apa itu Google Adsense dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Adsense, sebuah kata yang terasa asing bagi siapapun yang baru pertama kali mendengarnya. Tidak beda dengan saya yang baru dengar di tahun 2006 lalu, padahal tiap hari ketika saya browsing pasti akan selalu ketemu dengan Adsense.

Lalu apa itu sebetulnya Adsense atau Google Adsense?

Google Adsense adalah program advertising CPC (cost per click) yang mengizinkan publisher (siapapun yang ingin menaruh iklan di websitenya) untuk memasukkan sejumlah kode HTML ke dalam websitenya dan  dan iklan tersebut akan muncul yang tertarget dan relevan dnegan konten websitenya.

Kabar baiknya adalah bahwa Adsense adalah berkaitan dengan cara termudah bagi blogger ataupun webmaster untuk mulai menghasilkan dengan website yang mereka miliki. Setelah menginstal kode iklan di website Anda, maka Adsense spider akan segera menelusuri situs ANda utnuk mengetahui apa isi page Anda itu. Kemudian spider itu akan mengecek inventaris iklan dan menempatkan iklan terkait dengan isi masing-masing artikel website Anda. Adsense ini benar-benar bekerja dengan baik bagi siapapun ketika pengunjung mebaca artikel. Misal artikel tentang cara berkebun maka akan sangat mungkin untuk membeli peralatan berkebun dibandingkan dengan orang yang membaca artikel tentang ban mobil.

Bagaimana Cara Kerja Adsense?

Adsense dimulai dengan advertiser (pengiklan) yang memilih keywords yang ingin mereka iklankan. Sebagai contoh, saya sebagai advertiser ingin mengiklankan peralatan pertanian yang barusah saya buat. Saya akan menge-bid keywords tertentu, misal "gardening, gardening tools, tillers, pulling weeds, dan sebagainya."

Kemudian Adsense Spider akan menyesuaikan iklan saya dengan:

Keywords spesifik yang diketikkan oleh orang ke dalam Google dan menampilkannya di bagian atas dan kanan hasil pencarian. 

Website (seperti punya Anda) yagn menampilkan iklan itu.

Adsense akan mengirimkan robot untuk menelusuri website Anda untuk mengetahui apa kontennya. Jika Adsense menemukan bahwa Anda memiliki konten yang memiliki keywords yang sama dengan saya (sebagai pengiklan untuk bid itu), maka iklan saya akan tampil di situs Anda di dekat artikel tentang gardening tools tadi.

No comments:

Post a Comment